Minggu, 26 April 2015

Stop Su'udzan !


Hmm, memantau beberapa posting belakang, isinya galauuuu terus, hahaha, gak gue banget (-__-")
Oke, kali ini bahas yang lain :)

Pernah gak sih, ngerasa udah berdo'a tapi beluuum juga dikabulkan? Atau malah dapet sesuatu yang gak diharapkan?
Hayooo, jangan su'udzan dulu. udah bener belum tata cara berdo'anya? :D
Kemarin aku baca disebuah buku, "Sesungguhnya Allah akan menjadi sesuai apa yang kamu pikirkan sal Dia", (ya kira2 intinya begitu), maksudnya, kalau kamu aja ragu sama Dia bakal ngabulin do'a kamu, ya gimana Allah mau ngabulin, gitu..... got it?

Do'a yang baik itu... jelas, yang kamu lakukan dalam keadaan suci, ya dari najis, ya dari hadast.
Berdo'alah dengan sungguh-sungguh, niatnya dikuatkan dan diluruskan, maksudnya jangan do'a yang niatnya bukan untuk kebaikan. Oh iya, berdo'a gak perlu lebay atau berpuitisasi berlebihan -__- Kita aja manusia digituin males kan :( Jangan mengancam juga *eh?* kayak judul film aja :D
Terus.. jangan pernah berputus asa kalau do'a kamu belum diijabah.

Apalagi ya.... Ya intinya itu, silahkan baca-baca lagi dibuku tata cara berdo'a :D
Tapi yang jelas.... Allah itu sayaaaaaang bangeett sama kita, walau kadang kita lupa sejenak sama Dia :'(

Do'a ada yang express dikabulkan, ada yang didelay dulu sampai waktu yang ditentukan, ada malah yang gak dikabulin! lho kok? soalnya mungkin.... yang kamu minta malah bakal bawa bahaya atau mudharat buat kamu.

( وَعَسَى أَن تَكْرَهُواْ شَيْئاً وَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ وَعَسَى أَن تُحِبُّواْ شَيْئاً وَهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ وَاللّهُ يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لاَ تَعْلَمُونَ (البقرة: 216....

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui." (Qs. Al baqarah:216)

Tuh kan.... makanya, jangan su'udzan dulu ya :D
Oh iya... ada satu sunnah dlm berdo'a, yaitu berdo'a disaat senang dan lapang. Jadi diriwayatkan sabda Rasullullah saw, " Barang siapa yang senang do'anya dikabulkan doanya dikal susah dan sempit, maka hendaklah ia banyak berdo'a di saat senang." (Lih. Shahih al Thaghrib)
Kita emang biasanya lebih semangat do'a pas galau kan? Pas lagi ngareeeppp banget sesuatu. Tapi gimana kalau lagi seneng banget? masih inget gak kesungguh-sungguhannya? ;)



Tidak ada komentar: